Selamat Datang di Blog Majalah Dinding Cahaya JIWA - Online

Kamis, 06 November 2014

SELINGAN: RPP_Bilangan



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                     Nama Sekolah     :    SMP Negeri-2 Pegajahan
                                                     Mata Pelajaran     :    Matematika
                                                     Kelas / Semester  :    VII / Satu
                                                     Materi Pokok        :    Bilangan
                                                     Alokasi Waktu       :    27  jam pelajaran = 11 pertemuan
                                                                                                                                                                                                              
A.      Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.Menghargai dan menghayati 
    ajaran agama yang dianutnya
 1.Menghargai dan menghayati 
    ajaran agama yang dianutnya
® Merasa bersyukur terhadap karunia
   Tuhan atas kesempatan mempela -
   jari matematika dalam kehidupan se 
   hari-hari melalui belajar Bilangan
2.Menghargai dan menghayati pe-
    rilaku jujur, disiplin, tanggungja
    wab, peduli (toleransi, gotong-
    royong), santun, percaya diri da
    lam berinteraksi  secara  efektif
    dengan lingkungan sosial dan a-
    lam dalam jangkauan pergaulan
    dan keberadaannya
   
2.1.Menunjukkan sikap logis, kri-
       tis, analitik, konsisten dan te-
       liti, bertanggungjawab, respon
       sif dan tidak mudah menyerah
       dalam memecahkan masalah


2.2.Memiliki rasa ingin tahu, perca
        ya diri dan  ketertarikan  pada
        matematika serta memiliki ra-
        sa percaya pada daya dan ke-
        gunaan matematika yang ter-
        bentuk  melalui  pengalaman
        belajar

2.3.Memiliki sikap terbuka, santun
         ,Objektif, menghargai penda-
         pat dan karya teman dalam in
         teraksi kelompok maupun ak-
         tifitas sehari-hari
      
®Menunjukkan sikap bertanggungja-
   wab dalam menyelesaikan tugas da-
   ri guru
®Menunjukkan sikap gigih (tidak mu-
   dah menyerah) dalam memecahkan
   masalah yang berkaitan dengan bi-
   langan
®Menunjukkan sikap ingin tahu yang
  ditandai dengan bertanya kepada sis
  wa lain dan/atau guru
®Menunjukkan sikap percaya diri da-
  lam mengomunikasikan hasil – hasil
  tugas


®Menunjukkan sikap menghargai pen
  dapat dan karya teman
®Menunjukkan sikap peduli terhadap
  lingkungan yang ditandai  dengan se
  lalu menjaga 9K di kelas / sekolah
3.Memahami pengetahuan (faktu-
    al, konseptual  dan  procedural)
    berdasarkan rasa ingin tahunya
    tentang ilmu pengetahuan, tek-
    nologi, seni dan budaya terkait
    fenomena dan kejadian tampak
    mata








4.Mencoba, mengolah dan menya-
    ji dalam ranah konkret (menggu-
    nakan, mengurai, merangkai,me
    modifikasi dan membuat) dan ra
    nah abstrak (menulis, membaca,
    menghitung,  menggambar  dan
    mengarang) sesuai dengan yang
    dipelajari di sekolah dan sumber
    lain yang sama dalam sudut pan
    dang / teori
3.1.Membandingkan  dan  mengu-
       rutkan beberapa bilangan  bu-
       lat dan pecahan serta  mene –
       rapkan operasi hitung bilangan
       bulat dan bilangan pecahan de
       ngan memanfaatkan berbagai
       sifat operasi

3.5.Memahami pola dan menggu-
       nakannya untuk menduga dan
       membuat generalisasi (kesim-
       pulan)




4.1.Menggunakan pola dan genera
       lisasi untuk menyelesaikan ma
       salah



®Membandingkan bilangan bulat



®Mengurutkan bilangan bulat









®Menyelesaikan  masalah  dengan
   Menggunakan pola dan generalisasi













B.      Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu/kelompok, siswa dapat:
1.Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidup-                                                            
    an sehari-hari melalui belajar bilangan
2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru
3.Menunjukkan sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan
4.Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan/atau guru
5.Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengomunikasikan hasil–hasil tugas
6.Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan karya teman
7.Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan yang ditandai  dengan selalu menjaga 9K di kelas / sekolah
8. Membandingkan bilangan bulat
9.Mengurutkan bilangan bulat
10. .Menjumlahkan bilangan bulat
11.Mengurangkan bilangan bulat
12.Mengalikan bilangan bulat
13.Membagikan bilangan bulat
14.Menentukan kelipatan bilangan bulat
15. Menentukan kelipatan persekutuan
16.Menentukan Kelipatan Persekutuan terKecil (KPK)
17. Menentukan faktor bilangan bulat
18. Menentukan faktor persekutuan
19.Menentukan Faktor Persekutuan terBesar (FPB)
20.Mengurutkan bilangan pecahan
21.Membandingkan bilangan pecahan
22.Menjumlahkan bilangan pecahan
23.Mengurangkan bilangan pecahan
24.Mengalikan bilangan pecahan
25.Membagikan bilangan pecahan
26.Memahami bilangan rasional
27.Memahami pola-pola bilangan
28.Menyelesaikan masalah dengan menggunakan pola dan generalisasi


C.      Materi Pembelajaran
Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat

Misalnya: bagaimana cara membandingkan dua bilangan bulat
jika diketahui: A = 6584678656 dan B = 6473263749
Soal-Soal Latihan:
1.Diketahui bilangan bulat positif K dan bilangan bulat negatif L. Bilangan M tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan N tersusun dari 5 angka. Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan.
2. Diketahui bilangan A dan B adalah bilangan bulat positif. Bilangan A dan B sama-sama tersusun dari 4 angka. Bagaimanakan langkahmu untuk menentukan bilangan yang lebih besar? Jelaskan.
3. Diketahui bilangan C dan D adalah bilangan bulat negatif. Bilangan C tersusun dari 3 angka, sedangkan bilangan B tersusun dari 4 angka. Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan.
4. Diketahui bilangan X, Y, dan Bilangan Z.
Bilangan X = 123abc
Bilangan Y = 45bcde
Bilangan Z = 9abcd
Jika setiap huruf pada bilangan tersebut mewakili suatu angka, urutkan bilangan tersebut dari yang terbesar? Jelaskan!


Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Bulat


Pada penjumlahan bilangan bulat berlaku sifat
1. Komutatif (pertukaran)
Untuk sebarang bilangan bulat a, dan b berlaku a + b = b + a
2. Asosiatif (pengelompokan)
Untuk sebarang bilangan bulat a, b, dan c berlaku (a + b) + c = a + (b + c)

Soal-Soal Latihan:
1.Edward ingin membuat katrol timba air. Ketinggian katrol di atas permukaan tanah 2 m dan permukaan air 3 m di bawah permukaan tanah. Berapa panjang tali dari permukaan air ke katrol?
2. Dua ekor ikan mas berada di dalam akuarium. Ikan yang besar 15 cm berada di bawah permukaan air dan ikan yang kecil 9 cm berada di bawah permukaan air. Berapa perbedaan jarak kedua ekor ikan dari permukaan air?
3. Sebuah kapal selam, mula-mula menyelam 120 m di bawah permukaan laut, kemudian kapal bergerak ke bawah sejauh 60 m. Coba nyatakan posisi kapal selam dari permukaan laut dengan penjumlahan bilangan bulat!
4. Pak Agum memiliki usaha penjualan ayam potong di pasar. Pada bulan pertama ia mendapat untung 4 juta, bulan kedua mengalami kerugian sebesar 6 juta. Pada bulan ketiga dan keempat, hasil penjualan Pak Agum mengalami kerugian sebesar 2 juta dan 3 juta.
a. Apakah Pak Agum mengalami untung atau rugi dari hasil penjualan pada bulan pertama dan kedua?
b.Hitunglah total kerugian Pak Agum untuk bulan ketiga dan keempat!





Mengalikan dan Membagi Bilangan Bulat


Pada operasi perkalian juga berlaku sifat komutatif, asosiatif, dan distributif. Untuk sebarang bi­langan bulat a, b, dan, c berlaku
1. Komutatif
a × b = b × a
2. Asosaiatif
(a × b) × c = a × ( b × c)
3. Distributif
Perkalian terhadap penjumlahan
a × (b + c) = a × b + a × c
Perkalian terhadap pengurangan
a × (b − c) = a × b − a × c

Kelipatan dan Faktor Bilangan Bulat

Misalnya:

Kelipatan 6 adalah 6, 12, 18, 24, 30
Kelipatan 15 adalah 15, 30
KPK dari 6 dan 15 adalah 30
 
Kelipatan 3 adalah 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24
Kelipatan 6 adalah 6, 12, 18, 24
Kelipatan 8 adalah 8, 16, 24
KPK dari 3, 6, dan 8 adalah 24

Faktor dari 36 adalah 1,2,3,4,6,9,12,18,36
Faktor dari 48 adalah 1,2,3,4,6,8,16,24,48
FPB dari 36 dan 48 adalah 6



Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Pecahan

Misalnya: bagaimana cara membandingkan dan mengurutkan bilangan-bilangan pecahan:
  ,  ,  , 70%, 0,55, 500‰





Mengalikan dan Membagi Bilangan Pecahan

Misalnya:   x  = …
              
                :  = …


Memahami Bilangan Rasional

Bilangan rasional adalah suatu bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk :    di mana  a dan b bilangan bulat dan b ≠ 0
Contoh:
Ubahlah bilangan-bilangan berikut ke dalam bentuk :    di mana a dan b bilangan bulat dan b ≠ 0.
a) 0, 25           d) -5, 2
b) 3, 50           e) 0, 47
c) 0, 75




Memahami Pola Bilangan

Misalnya: menentukan pola ke-10 dari:
1,3,6,10,15,…
2,6,12,20,30,…
1,2,4,8,16,…




D. Metode Pembelajaran
Tanya-jawab, penugasan individu/kelompok, diskusi kelompok dan presentasi

E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan  ke-1: (=2  jam pelajaran = 80 menit) 
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2.Memaparkan manfaat belajar bilang
    an dalam kehidupan sehari-hari



3.Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

4.Memberikan informasi tentang cara
    belajar yang akan ditempuh

5.Mengecek  kemampuan  prasyarat
    siswa dengan tanya-jawab tentang
    jenis-jenis bilangan yang sudah di-
    dapatkan siswa di SD dan mendis-
    kusikan masalah 1.1 yang tercan –
    tum pada Buku Siswa/Guru

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Mendengarkan  dan  menanggapi
    paparan tentang manfaat belajar
    bilangan dalam kehidupan sehari-
    hari

3.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

4.Menyimak informasi tentang cara
    belajar yang akan ditempuh

5.Memberi tanggapan/jawaban atas
    pertanyaan-pertanyaan yang diaju
    kan oleh guru

   
10 menit
Inti
1.Mengajak  siswa  untuk  mengamati
    konteks dalam kehidupan sehari-ha
    ri yang berkaitan dengan bilangan
    bulat (positif, nol dan negatif)

2.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan dari hasil mengamati

3.Mengajak siswa untuk menggali in-
    formasi yang disajikan di kegiatan
    ‘Ayo Kita Menggali Informasi’ untuk
    mengetahui apakah siswa mema-
    hami nilai dari angka-angka penyu-
    sun bilangan dan membandingkan
    dengan bilangan lain

4.Mengajak siswa untuk menjawab per
    tanyaan yang disajikan pada kegiat-
    an ‘Ayo Kita Menalar’ dengan tujuan
    agar siswa mampu membandingkan
    bilangan-bilangan bulat dengan me-
    nalar

5.Meminta siswa untuk menyajikan ja-
    waban  menalarnya  di  depan kelas
    dan memberi kesempatan kepada pe
    nyaji untuk menanggapi pertanyaan
    teman-temannya serta menjadi pene
    ngah jika dirasa perlu
    
1. Mengamati konteks dalam kehi-
    dupan sehari-hari yang berkaitan
    dengan bilangan bulat (positif, nol
    dan negatif)

2.Membuat  pertanyaan  dari  hasil
    mengamati

3.Menggali informasi yang disajikan
    di kegiatan ‘Ayo Kita Menggali In-
    formasi’





4.Menjawab pertanyaan yang disa-
    jikan pada kegiatan ‘Ayo Kita Me-
    nalar’




5.Menyajikan jawaban  menalarnya
    di  depan kelas dan  menanggapi
    pertanyaan teman-temannya
5 menit




5 menit


10 menit







10 menit






30 menit
Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2.Memeriksa kesesuaian jawaban me-
    nalar yang dibuat oleh siswa

3.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

4.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit

Pertemuan  ke-2: (=3  jam pelajaran = 120 menit)   
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2.Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mengecek  kemampuan  prasyarat
    siswa dengan tanya-jawab tentang
    penjumlahan dan pengurangan bi-
    langan yang sudah didapatkan siswa
    di SD dan mendiskusikan masalah
    1.3 dan 1.4 yang tercan tum pada
    Buku Siswa / Guru

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan


3.Memberi tanggapan/jawaban atas
    pertanyaan-pertanyaan yang diaju
    kan oleh guru

   
10 menit
Inti
1.Mengajak  siswa  untuk  memahami
    contoh 1.2 dan 1.4 serta alternatif
    penyelesaiannya yang disajikan de-
    ngan ilustrasi garis bilangan


2. Mengajak  siswa  untuk  memahami
    contoh 1.5 dan 1.6 serta alternatif
    penyelesaiannya yang disajikan de-
    ngan ilustrasi garis bilangan

3.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan dari hasil mengamati

4.Mengajak siswa untuk memahami
    sifat-sifat komutatif dan asosiatif
    yang berlaku pada operasi penjum-
    lahan

5.Meminta siswa untuk melengkapi
    Tabel 1.2 dan memberi kesempatan
    kepada siswa untuk mencoba bi –
    langan lain

6.Meminta siswa untuk menjawab per-
    tanyaan-pertanyaan yang disediakan

7. Meminta siswa untuk mempresen –
     tasikan jawabannya  di  depan kelas
    dan memberi kesempatan kepada pe
    nyaji untuk menanggapi pertanyaan
    teman-temannya serta menjadi pene
    ngah jika dirasa perlu

1. Mengamati untuk memahami  
    contoh 1.2 dan 1.4 serta alternatif
    penyelesaiannya yang disajikan
    dengan ilustrasi garis bilangan


2. Mengamati untuk memahami  
    contoh 1.5 dan 1.6 serta alternatif
    penyelesaiannya yang disajikan
    dengan ilustrasi garis bilangan

3. mengajukan pertanyaan dari hasil
     mengamati

4.Mengamati untuk memahami
    sifat-sifat komutatif dan asosiatif
    yang berlaku pada operasi pen –
    jumlahan

5. melengkapi Tabel 1.2 dan men-
    coba bilangan lain



6.Menjawab pertanyaan-pertanyaan
    yang disediakan

7. Mempresentasikan jawabannya
    di  depan kelas dan  menanggapi
    pertanyaan teman-temannya

10 menit





10 menit




5 menit


10 menit




20 menit




15 menit


30 menit
Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2.Memeriksa kesesuaian jawaban me-
    nalar yang dibuat oleh siswa

3.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

4.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit

Pertemuan  ke-3: (=2  jam pelajaran = 80 menit)   
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2.Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Meminta siswa untuk mengamati
    contoh konteks tentang perkalian
    bilangan bulat dalam kehidupan se
    hari-hari dengan tujuan untuk me-
    mahami konsep perkalian bilangan
    bulat (+juga dengan garis bilangan)
1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. mengamati contoh konteks ten-
    tang perkalian bilangan bulat
    dalam kehidupan sehari-hari de-
    ngan tujuan untuk memahami
    konsep perkalian bilangan bulat

   
10 menit
Inti
1.Mengajak  siswa  untuk memahami
    contoh 1.7, 1.8 dan 1.9 serta alter-
    natif  penyelesaiannya yang disajikan
    dengan ilustrasi garis bilangan


2.Mengajak siswa untuk memahami
    konsep perkalian sebagai penjum-
    lahan berulang

3.Meminta siswa untuk memahami
    sifat komutatif, asosiatif dan dis-
    tributif pada operasi perkalian
    dan melengkapi tabel 1.3, 1.4 dan
    1,5 untuk mengecek ketiga sifat
    tersebut dengan memperhatikan
    kolom-kolom yang menunjukkan
    hal itu

4.Meminta siswa untuk melengkapi
    tabel 1.7, 1.8 dan 1.9 serta meng-
    amati hasil perkalian dua bilangan
    bulat tak nol dan pola hasil kalinya
    yang dapat pula dikaitkan dengan
    konsep ketakwaan

1. Mengamati untuk memahami
    contoh 1.7, 1.8 dan 1.9 serta
    alternatif  penyelesaiannya yang
    disajikan dengan ilustrasi garis
     bilangan

2. Mengamati untuk memahami
     konsep perkalian sebagai penjum-
     lahan berulang

3. Mengamati untuk memahami
     sifat komutatif, asosiatif dan dis-
    tributif pada operasi perkalian
    dan melengkapi tabel 1.3, 1.4 dan
    1,5 untuk mengecek ketiga sifat
    tersebut dengan memperhatikan
    kolom-kolom yang menunjukkan
    hal itu

4. melengkapi tabel 1.7, 1.8 dan 1.9
    serta mengamati hasil perkalian
    dua bilangan bulat tak nol dan
    pola hasil kalinya


15 menit





5 menit



20 menit








20 menit
Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

3.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran
1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru

3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit

Pertemuan  ke-4: (=3  jam pelajaran = 120 menit)  
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2.Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Meminta siswa untuk mengamati
    contoh konteks tentang pembagian
    bilangan bulat dalam kehidupan se
    hari-hari dengan tujuan untuk me-
    mahami konsep pembagian bilangan
    bulat (+juga dengan garis bilangan)

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. mengamati contoh konteks ten-
    tang pembagian bilangan bulat
    dalam kehidupan sehari-hari de-
    ngan tujuan untuk memahami
    konsep pembagian bilangan bulat

20 menit
Inti











1. Mengajak siswa untuk memahami
    konsep pembagian sebagai pengu-
    rangan berulang melalui contoh 1.13

2.Mengajak siswa untuk menjawab so-
    al pada kegiatan ‘Ayo Kita Menalar’

3.Meminta siswa untuk menyajikan ja-
    waban  menalarnya  di  depan kelas
    dan memberi kesempatan kepada pe
    nyaji untuk menanggapi pertanyaan
    teman-temannya serta menjadi pene
    ngah jika dirasa perlu
    
1. Menyimak untuk memahami kon-
    sep pembagian sebagai pengu-
    rangan berulang

2. Menjawab soal pada kegiatan ‘Ayo
     Kita Menalar’

3. Menyajikan jawaban  menalarnya
    di  depan kelas dan  menanggapi
    pertanyaan teman-temannya

20 menit



40 menit


30 menit







Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2.Memeriksa kesesuaian jawaban me-
    nalar yang dibuat oleh siswa

3.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

4.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit

Pertemuan  ke-5: (=2  jam pelajaran = 80 menit)   
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dandilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran
    siswa

2.Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mengajak siswa untuk mendiskusi –
    kan sejenak masalah 1.8 pada Buku
    Guru/Siswa

1.Menjawab salam dan sapaan guru
    ,berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Mendiskusikan sejenak masalah
    1.8 pada Buku Guru/Siswa

10 menit
Inti
1.Meminta siswa untuk memahami
    Kelipatan Persekutuan dan KPK
    serta teknik menemukannya
    (pohon faktor dan  pembagian
    bersusun)

2.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan terkait



3.Mengajak siswa untuk menjawab
    soal-soal yang disajikan


 1.Menyimak untuk memahami
     Kelipatan Persekutuan dan KPK
     serta teknik menemukannya



2.Membuat  pertanyaan terkait KPK




3.Menjawab soal-soal yang disajikan





25 menit


        


          5 menit

     


       30 menit
   Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan
    refleksi terhadap kegiatan pem –
    belajaran

2.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

3.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran

1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru

3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit

Pertemuan  ke-6: (=3  jam pelajaran = 120 menit)   
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dandilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran
    siswa

2.Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mengajak siswa untuk mendiskusi –
    kan sejenak masalah 1.9 pada Buku
    Guru/Siswa

1.Menjawab salam dan sapaan guru
    ,berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Mendiskusikan sejenak masalah
    1.9 pada Buku Guru/Siswa

15 menit
Inti
1.Meminta siswa untuk memahami
    Faktor Persekutuan dan FPB
    serta teknik menemukannya
    (pohon faktor dan  pembagian
    bersusun)

2. Meminta siswa untuk menentukan
     penyelesaian contoh 1.20 dan 1.21
     dengan cara pohon faktor menjadi
     pembagian bersusun & sebaliknya

3.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan terkait FPB

4.Mengajak siswa untuk menjawab
    soal-soal yang disajikan


 1.Menyimak untuk memahami
     Faktor Persekutuan dan FPB
     serta teknik menemukannya



2. Menentukan penyelesaian contoh
    1.20 dan 1.21dengan cara pohon
     faktor menjadi pembagian bersu-
     sun & sebaliknya

3.Membuat  pertanyaan terkait FPB


4.Menjawab soal-soal yang disajikan





30 menit


        


        30 menit




         5 menit

     
       30 menit
   Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan
    refleksi terhadap kegiatan pem –
    belajaran

2.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

3.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran
1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru

3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit

Pertemuan  ke-7: (=2  jam pelajaran = 80 menit)   
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2.Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Mengajak siswa untuk mengingat
     kembali sub bab Membandingkan
     Bilangan Bulat

4. Mengajak siswa untuk mendiskusi-
     kan masalah 1.12 dan 1.13
1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Mengingat kembali sub bab
     Membandingkan Bilangan Bulat

 
 4.Mendiskusikan masalah 1.12 dan
    1.13

15 menit
Inti
1.Mengajak  siswa  untuk  memahami
    konteks bilangan pecahan yang di –
    sajikan dengan ilustrasi gambar atau
    ilustrasi lain dan memahami pecah-
    an senilai (ekuivalen)


2.Mengajak siswa mendiskusikan se-
    jenak bahwa penyebut tidak boleh
    sama dengan nol

3.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan terkait membandingkan pe-
    cahan

4.Mengajak siswa untuk menjawab per
    tanyaan yang disajikan pada kegiat-
    an ‘Ayo Kita Menalar’ di Buku Siswa   
1.Menyimak untuk memahami kon-
    teks bilangan pecahan yang disa-
    jikan dengan ilustrasi gambar atau
    ilustrasi lain dan memahami pecah
    an senilai


2.Mendiskusikan sejenak bahwa pe
      nyebut tidak boleh sama dengan
      nol

3.Membuat / mengajukan  perta –
    nyaan terkait membandingkan
    pecahan

4.Menjawab pertanyaan yang disa-
    jikan pada kegiatan ‘Ayo Kita Me-
    nalar’ pada Buku Siswa
15 menit






5 menit



5 menit



        30 menit



Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

3.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

3.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran

1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran

2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit

Pertemuan  ke-8: (=3  jam pelajaran = 120 menit)   
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dandilanjut
    -kan dengan mengecek kehadiran
    siswa

2.Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Mengajak siswa untuk memahami
    konteks penjumlahan dan pengu –
    rangan bilangan pecahan yang di-
    sajikan dan mengingat kembali ten-
    tang pecahan ekuivalen (senilai)
1.Menjawab salam dan sapaan
    guru, berdoa serta menginforma-
    si kan kehadirannya dan ketidak-
    hadiran temannya

2.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Menyimak untuk memahami kon-
    teks penjumlahan dan pengurang
    an bilangan pecahan yang disaji-
    kan dengan mengingat kembali
    tentang pecahan ekuivalen (se –
    nilai)

   
10 menit
      
         Inti

1.Mengajak  siswa  untuk memahami
   contoh 1.22,  1.23  dan  1.24  serta
   serta alternatif penyelesaiannya

2. Mengajak  siswa  untuk memahami
   contoh 1.25,  1.26  dan  1.27  serta
   serta alternatif penyelesaiannya
   yang disajikan dengan ilustrasi pita
   pecah an (fraction strips)

3.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan terkait penjumlahan dan
    pengurangan bilangan pecahan

4.Mengajak siswa untuk menjawab so
    al-soal yang disajikan pada kegiatan
   ‘Ayo Kita Menalar’

5.Meminta siswa untuk menyajikan ja-
    waban  menalarnya  di  depan kelas
    dan memberi kesempatan kepada
    penyaji  untuk  menanggapi  perta-
    nyaan teman-temannya serta men-
    jadi  penengah jika dirasa perlu
    

1. Menyimak untuk memahami
   contoh 1.22,  1.23  dan  1.24  serta
   serta alternatif penyelesaiannya

2. Menyimak untuk memahami
   contoh 1.25,  1.26  dan  1.27  serta
  serta alternatif penyelesaiannya
  yang disajikan dengan ilustrasi pita
  pecahan (fraction strips)

3.Membuat / mengajukan pertanya-
   an terkait penjumlahan dan pengu
   rangan bilangan pecahan

4.Menjawab soal-soal yang disajikan
    pada kegiatan ‘Ayo Kita Menalar’


5.Menyajikan jawaban  menalarnya
    di  depan kelas dan  menanggapi
    pertanyaan teman-temannya
     
      20 menit



       20 menit





10 menit



20 menit



30 menit

Penutup

1.Mengajak  siswa  untuk  melaku –
    kan refleksi terhadap kegiatan
    pembelajaran


2.Memeriksa kesesuaian jawaban me-
    nalar yang dibuat oleh siswa


3.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu


4.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran




2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru



3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)




10 menit

Pertemuan  ke-9: (=2  jam pelajaran = 80 menit) 
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mengajak siswa untuk membuat i-
    lustrasi bilangan pecahan pada ga-
    ris  bilangan


4. Mengajak siswa untuk memahami
    contoh 1.28 dan 1.29 serta alterna-
    tif penyelesaiannya

5.Mengajak siswa untuk memahami
    Masalah 1.15 (Buku siswa hal.60)

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Membuat ilustrasi bilangan pecah-
    an pada garis bilangan



4. Menyimak untuk memahami
     contoh 1.28 dan 1.29 serta alter-
     natif penyelesaiannya
 
5.Menyimak untuk memahami
    masalah 1.15
15 menit
Inti
1.Mengajak  siswa  untuk memahami
    contoh 1.30 dan alternatif  penye-
    lesaiannya yang disajikan dengan
    ilustrasi pita pecahan

2. Mengajak  siswa  untuk memahami
     contoh 1.31, 132 dan 1.33 serta pe-
     nyelesaiannya dengan ilustrasi mem
     -bagi cairan dalam gelas

3. Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan terkait mengalikan/memba-
    gikan bilangan pecahan


4.Mengajak siswa untuk menjawab per
    tanyaan yang disajikan pada kegiat-
    an ‘Ayo Kita Menalar’


    
1.Menyimak untuk memahami
    contoh 1.30 dan alternatif  penye-
    lesaiannya yang disajikan dengan
    ilustrasi pita pecahan

2. Menyimak untuk memahami
    contoh 1.31, 132 dan 1.33 serta
    penyelesaiannya dengan ilustrasi
    membagi cairan dalam gelas

3. Membuat  pertanyaan terkait
     mengalikan/membagikan bilang-
     an pecahan


4.Menjawab pertanyaan yang disa-
    jikan pada kegiatan ‘Ayo Kita Me-
    nalar’


10 menit




20 menit




5 menit




20 menit



Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu


3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit

Pertemuan  ke-10: (=3 jam pelajaran = 120 menit)   
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mengajak siswa untuk mengingat
    kembali tentang macam-macam
    bilangan yang sudah dibelajarkan

4.Mengajak siswa untuk mendiskusi-
    masalah 1.17 serta penyelesaiannya

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Mengingat kembali tentang
    macam-macam bilangan yang
     sudah dibelajarkan

4. mendiskusikan masalah 1.17 serta
     penyelesaiannya


15 menit

Inti

1.Mengajak  siswa  untuk  memahami
    macam-macam bilangan dalam pe-
    mecahan masalah 1.17

2.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan terkait bilangan rasional

3.Mengajak siswa untuk menggali in-
    formasi tentang pengertian bilangan
    rasional serta beberapa contohnya
    dan memahami  hasil bagi  dengan
    berbagai kemungkinan a dan b

4.Mengajak siswa untuk memahami
    contoh 1.35 dan 1.36 serta alter –
    natif penyelesaiannya

5. Mengajak siswa untuk menjawab
     Soal-soal yang disajikan pada kegiat-
     an ‘Ayo Kita Menalar’

6.Meminta siswa untuk menyajikan ja-
    waban  menalarnya  di  depan kelas
    dan memberi kesempatan kepada pe
    nyaji untuk menanggapi pertanyaan
    teman-temannya serta menjadi pene
    ngah jika dirasa perlu
    

1.Menyimak untuk memahami
    macam-macam bilangan dalam
    pemecahan masalah 1.17

2.Membuat  pertanyaan  terkait
    bilangan rasional

3.Menggali informasi tentang penger
    tian bilangan rasional serta bebera
    pa contohnya dan memahami
    hasil bagi   dengan    berbagai
    kemungkinan a dan b

4.Menyimak untuk memahami
    contoh 1.35 dan 1.36 serta alter –
    natif penyelesaiannya

5. Menjawab pertanyaan yang disa-
    jikan pada kegiatan ‘Ayo Kita Me-
    nalar’

6.Menyajikan jawaban  menalarnya
    di  depan kelas dan  menanggapi
    pertanyaan teman-temannya

5 menit



5 menit


10 menit





15 menit



30 menit



30 menit
Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2.Memeriksa kesesuaian jawaban me-
    nalar yang dibuat oleh siswa

3.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

4.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit




Pertemuan  ke-11: (=3  jam pelajaran = 80 menit)   
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan



3.Mengajak siswa untuk mengingat
    kembali materi luas persegipan –
    jang yang sudah didapat di SD dan
    memahami bentuk-bentuk dalam
    kehidupan sehari-hari yang berpola
    (misalnya susunan keramik lantai,
    anak tangga, genteng dan lain-lain

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan



3.Mengingat kembali materi luas
    persegipanjang dan memahami
    bentuk-bentuk dalam kehidupan
    sehari-hari yang berpola
   
10 menit
Inti
1.Mengajak  siswa  untuk memahami
   contoh-contoh pola yang disajikan
   dengan bentuk-bentuk visual dan
   memahami simbol-simbol pola ke-n
   (Un) dan jumlah hingga pola ke-n (Sn)
   serta menggali informasi sebanyak-
   banyaknya dari contoh tersebut


2. Mengajak siswa untuk memahami
    contoh 1.38 dan 1.39 serta alterna-
    tif penyelesaiannya yang disajikan
    dengan ilustrasi pola yang disusun
    dari lingkaran-lingkaran kecil


3. Mengajak siswa untuk menjawab
    pertanyaan yang disajikan pada
    kegiatan ‘Ayo Kita Menalar’





1.Menyimak untuk memahami con –
   toh-contoh pola yang disajikan de-
   ngan bentuk-bentuk visual dan me
  - mahami simbol-simbol pola ke-n
  (Un) dan jumlah hingga pola ke-n
  (Sn)  serta menggali informasi seba nyakbanyaknya dari contoh tersebut


2 Menyimak untuk memahami
   contoh 1.38 dan 1.39 serta alterna-
   tif penyelesaiannya yang disajikan
   dengan ilustrasi pola yang disusun
   dari lingkaran-lingkaran kecil


4.Menjawab pertanyaan yang disa-
    jikan pada kegiatan ‘Ayo Kita Me-
    nalar’



20 menit








        20 menit






20 menit
Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu


3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran

1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10     enit


F.Penilaian

1. Teknik Penilaian:
No.
Aspek yang diamati / dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap bersyukur
Penilaian Diri
Selama kegiatan pembelajaran
2.
*Sikap bertanggungjawab da-
   lam menyelesaikan tugas dari
    guru
*Sikap gigih (tidak mudah me-
   nyerah) dalam memecahkan
   masalah yang berkaitan de –
   ngan bilangan
*Sikap ingin tahu yang ditandai
   dengan bertanya kepada siswa
   lain dan/atau guru
*Sikap percaya diri dalam me-
   ngomunikasikan hasil–hasil
    tugas
*Sikap menghargai pendapat
   dan karya teman
*Sikap peduli terhadap ling –
   kungan yang ditandai  dengan
    selalu menjaga 9K di kelas /
    sekolah






Pengamatan, Penilaian Diri






Kegiatan inti dan penutup
3.
Kemampuan membandingkan
 dan  mengurutkan  bilangan
 bulat

Penugasan / Tes tertulis

Kegiatan inti
4.
Kemampuan menyelesaikan ma-
salah  dengan menggunakan po- la dan generalisasi

Penugasan / Tes tertulis

Kegiatan inti/Awal pertemuan
berikutnya

2. Bentuk dan Instrumen Penilaian serta Pedoman Penskoran:
    (Bahan-bahan terlampir)

G.Sumber Belajar
1. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013
2. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013
3. Lingkungan
4. Sumber-sumber lain yang relevan


Mengetahui:                                                                                                                  Pegajahan,    Juli 2014
Kepala SMPN-2 Pegajahan                                                                                          Guru Mata Pelajaran,

Aser Tambun, M.Pd.                                                                                                   Drs.Halim Mansyur Siregar
NIP:19580303 197803 1 002                                                                                     NIP:19690804 199702 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar