Selamat Datang di Blog Majalah Dinding Cahaya JIWA - Online

Jumat, 07 November 2014

SELINGAN: RPP_Perbandingan



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah     :    SMP Negeri-2 Pegajahan
                                                     Mata Pelajaran     :    Matematika
                                                     Kelas / Semester  :    VII / Satu
                                                     Materi Pokok        :    Perbandingan
                                                     Alokasi Waktu       :    10 jam pelajaran = 4 pertemuan  
                                                                                                                                                                                                               
A.      Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.Menghargai dan menghayati 
    ajaran agama yang dianutnya
 1.Menghargai dan menghayati 
    ajaran agama yang dianutnya
® Merasa bersyukur terhadap karunia
   Tuhan atas kesempatan mempela -
   jari matematika dalam kehidupan se 
   hari-hari melalui belajar Bilangan
2.Menghargai dan menghayati pe-
    rilaku jujur, disiplin, tanggungja
    wab, peduli (toleransi, gotong-
    royong), santun, percaya diri da
    lam berinteraksi  secara  efektif
    dengan lingkungan sosial dan a-
    lam dalam jangkauan pergaulan
    dan keberadaannya
   
2.1.Menunjukkan sikap logis, kri-
       tis, analitik, konsisten dan te-
       liti, bertanggungjawab, respon
       sif dan tidak mudah menyerah
       dalam memecahkan masalah


2.2.Memiliki rasa ingin tahu, perca
        ya diri dan  ketertarikan  pada
        matematika serta memiliki ra-
        sa percaya pada daya dan ke-
        gunaan matematika yang ter-
        bentuk  melalui  pengalaman
        belajar

2.3.Memiliki sikap terbuka, santun
         ,Objektif, menghargai penda-
         pat dan karya teman dalam in
         teraksi kelompok maupun ak-
         tifitas sehari-hari
      
®Menunjukkan sikap bertanggungja-
   wab dalam menyelesaikan tugas da-
   ri guru
®Menunjukkan sikap gigih (tidak mu-
   dah menyerah) dalam memecahkan
   masalah yang berkaitan dengan bi-
   langan
®Menunjukkan sikap ingin tahu yang
  ditandai dengan bertanya kepada sis
  wa lain dan/atau guru
®Menunjukkan sikap percaya diri da-
  lam mengomunikasikan hasil – hasil
  tugas


®Menunjukkan sikap menghargai pen
  dapat dan karya teman
®Menunjukkan sikap peduli terhadap
  lingkungan yang ditandai  dengan se
  lalu menjaga 9K di kelas / sekolah
3.Memahami pengetahuan (faktu-
    al, konseptual  dan  procedural)
    berdasarkan rasa ingin tahunya
    tentang ilmu pengetahuan, tek-
    nologi, seni dan budaya terkait
    fenomena dan kejadian tampak
    mata




 

4.Mencoba, mengolah dan menya-
    ji dalam ranah konkret (menggu-
    nakan, mengurai, merangkai,me
    modifikasi dan membuat) dan ra
    nah abstrak (menulis, membaca,
    menghitung,  menggambar  dan
    mengarang) sesuai dengan yang
    dipelajari di sekolah dan sumber
    lain yang sama dalam sudut pan
    dang / teori
3.4.Memahami konsep perbanding
       -an dan menggunakan bahasa
       perbandingan dalam mendes-
       kripsikan hubungan dua besar
       -an atau lebih







4.4.Menggunakan konsep perban-
       dingan  untuk  menyelesaikan
       masalah nyata dengan meng-
       gunakan tabel dan grafik


4.5.Menyelesaikan permasalahan
       dengan  menaksir  besaran 
       yang tidak diketahui menggu-
       nakan grafik

®Membedakan masalah yang berkait-
  an dengan   perbandingan dan yang
  bukan perbandingan









®    Menggunakan konsep perban-
       dingan  untuk  menyelesaikan
       masalah nyata dengan meng-
       gunakan tabel dan grafik


®Menaksir besaran yang tidak diketa-
   hui menggunakan grafik dari masa-
   lah perbandingan





B.      Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu/kelompok, siswa dapat:
1.Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidup-                                                            
    an sehari-hari melalui belajar bilangan
2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru
3.Menunjukkan sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan
4.Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan/atau guru
5.Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengomunikasikan hasil–hasil tugas
6.Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan karya teman
7.Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan yang ditandai  dengan selalu menjaga 9K di kelas / sekolah
8.Membedakan masalah yang berkaitan dengan   perbandingan dan yang bukan perbandingan

9. Menggunakan konsep perbandingan  untuk  menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
10.Menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik dari masalah perbandingan
11.Menemukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda
12.Menyatakan perbandingan (rasio) dua besaran dengan satuan yang berbeda
13.Membedakan masalah proporsi dan yang bukan
14.Menyelesaikan masalah proporsi
15.Menentukan skala
16.Menentukan jarak sebenarnya
17.Menentukan jarak pada peta
18.Membandingkan luas pada peta dengan sebenarnya

C.      Materi Pembelajaran
Memahami Masalah Perbandingan/Proporsi
Contoh:
a)
X
3
6
9
12
14
Y
5
8
11
14
16
               Bukan perbandingan
b)
X
2
4
6
8
10
Y
4
8
12
16
20
               Merupakan perbandingan

Menentukan Perbandingan Dua Besaran dengan Satuan yang Berbeda
Contoh:      1) 2km:500m = … : …
                    2) 800gr:2ons: = … : …
Memahami Masalah Skala
Skala adalah perbandingan jarak pada peta (gambar,foto,denah dan semacamnya) dengan jarak sebenarnya.
Contoh Soal:
Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, berapakah jarak sebenarnya kota B dan kota C?

D.      Metode Pembelajaran
Tanya-jawab, penugasan individu/kelompok, diskusi kelompok dan presentasi

E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1 (2 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2.Memaparkan manfaat belajar perban
    -dingan dalam kehidupan sehari-hari



3.Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

4. Mengecek  kemampuan  prasyarat
    siswa dengan tanya-jawab tentang
    pecahan dan perbandingan yang
    sudah didapatkan siswa di SD



1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Mendengarkan  dan  menanggapi
    paparan tentang manfaat belajar
    perbandingan dalam kehidupan
    sehari-hari

3.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

4. Memberi tanggapan/jawaban atas
    pertanyaan-pertanyaan yang diaju
    kan oleh gur   
10 menit
Inti
1.Mengajak  siswa  untuk  mengamati
    contoh dan masalah 3.1  dan 3.2 ser
   -ta alternatif penyelesaiannya

2.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan dari hasil mengamati

3.Meminta siswa untuk menyelesaikan
    soal latihan yang akan dibahas di kls

4. Meminta siswa untuk menyajikan ja-
    wabannya  di  depan kelas dan mem-
   beri kesempatan kepada penyaji un-
   tuk menanggapi pertanyaan teman-
   temannya serta menjadi penengah
   jika dirasa perlu


   
1. Mengamati untuk memahami
     contoh dan masalah 3.1  dan 3.2
    serta alternatif penyelesaiannya

2.Membuat/mengajukan pertanyaan
    dari  hasil mengamati

3. Menyelesaikan soal latihan yang
    akan dibahas di kls

4.Menyajikan jawabannya di depan
   kelas dan  menanggapi pertanyaan
   teman-temannya


15 menit



5 menit


20 menit


        20 menit







Penutup
1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2.Memeriksa kesesuaian jawaban me-
    nalar yang dibuat oleh siswa

3.Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

4.Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit




Pertemuan ke-2 (3 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu

Penda-huluan

1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar yang diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mengenalkan contoh konsep rasio
   dan cara menyatakannya



1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mencermati contoh konsep rasio
    dan cara menyatakannya


10 menit

Inti

1.Mengajak  siswa  untuk  mengamati
    dan menjelaskan hubugan kecepat-
    an, tarif dan kurs serta Bursa Buku
    Tulis yang terdapat pada Buku Siswa
    /Guru dengan cara perbandingan


2.Mengajak siswa untuk mengamati
    contoh 3.2 dan 3.3 serta membahas
    penyelesaiannya


 3.Meminta siswa untuk  mengamati
     contoh dan penyelesaian beberapa
     masalah (soal tambahan) yang ter-
     dapat pada Buku Siswa/Guru


4.Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan dari hasil mengamati serta
    mendiskusikannya sejenak


5.Meminta siswa untuk menyelesaikan
    soal latihan




   

1. Mengamati untuk memahami
    hubugan kecepatan, tarif dan kurs
    serta Bursa Buku Tulis yang terda-
    pat pada Buku Siswa/Guru dengan
    cara perbandingan


2.Mengamati dan mencermati serta
    membahas penyelesaian contoh
    3.2 dan 3.3


3.Mengamati dan mencermati
   contoh dan penyelesaian beberapa
    masalah (soal tambahan) yang ter-
    dapat pada Buku Siswa/Guru


4. Membuat/mengajukan pertanya-
    an dan mendiskusikannya sejenak
   


5. Menyelesaikan soal latihan


20 menit






20 menit




20 menit





        10 menit




30 menit





Penutup

1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru

3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)




10 menit




Pertemuan ke-3 (2 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu

Penda-huluan

1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar yang diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mengenalkan  contoh  konsep pro-
    porsi  dan  mengingatkan  tentang
    perbandingan senilai



1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mencermati  contoh  konsep pro-
    porsi dan mengingat kembali ten-
    tang perbandingan senilai

10 menit

Inti

1.Mengajak  siswa  untuk  mengamati
    tabel 3.7  dan  contoh 3.9 s erta pe –
    nyelesaiannya dengan berbagai cara


2. Meminta siswa untuk membuat per-
    tanyaan dari hasil mengamati serta
    mendiskusikannya sejenak


 3.Meminta siswa untuk menyelesaikan
    soal latihan











   

1. Mengamati untuk memahami
    tabel 3.7  dan contoh 3.9 serta pe–
 nyelesaiannya dengan berbagai cara


2. Membuat/mengajukan pertanya-
    an dan mendiskusikannya sejenak



3. Menyelesaikan soal latihan



   





20 menit




10 menit




30 menit





  








Penutup

1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru

3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)




10 menit


Pertemuan ke-4 (3 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu

Penda-huluan

1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan
    hasil belajar yang diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mempersiapkan media sebagai alat
    peraga (misalnya: peta, foto, mobil-
    mobilan dan lain-lain)


1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3.Mengamati media / alat peraga
    yang dipersiapkan

10 menit

Inti

1.Meminta  siswa  untuk  menyelesai-
    kan masalah 3.5 dengan cara mere-
    ka sendiri

2.Mengingatkan siswa tentang konsep
    dan masalah yang berkaitan dengan
    skala serta membimbing mereka un
    -tuk menyelesaikannya dengan be-
    nar

 3.Meminta siswa untuk  mengamati
     contoh 3.8 dan penyelesaiannya


 4. Meminta siswa untuk  mengamati
     contoh 3.9 dan penyelesaiannya
     (skala pada thermometer)

 5.Meminta siswa untuk membuat
    pertanyaan dari hasil mengamati
    serta mendiskusikannya sejenak


5.Meminta siswa untuk menyelesaikan
    soal latihan




   

1.Menyelesaikan  masalah 3.5  de-
    ngan cara masing-masing


2.Mengamati dan mencermati kon-
    sep dan masalah yang berkaitan
    dengan skala serta cara menyele-
    saikannya dengan benar


3.Mengamati dan mencermati
   contoh 3.8 dan penyelesaiannya


4. Mengamati dan mencermati
   contoh 3.9 dan penyelesaiannya


 5. Membuat/mengajukan pertanya-
    an dan mendiskusikannya sejenak
   


5. Menyelesaikan soal latihan


10 menit



20 menit





15 menit



        15 menit



       10 menit




30 menit




Penutup

1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran


1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru

3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)




10 menit



A.      Penilaian

1. Teknik Penilaian:
No.
Aspek yang diamati / dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian

1.

Sikap bersyukur

Penilaian Diri

Selama kegiatan pembelajaran

2.

*Sikap bertanggungjawab da-
   lam menyelesaikan tugas dari
    guru

*Sikap gigih (tidak mudah me-
   nyerah) dalam memecahkan
   masalah yang berkaitan de –
   ngan bilangan

*Sikap ingin tahu yang ditandai
   dengan bertanya kepada siswa
   lain dan/atau guru

*Sikap percaya diri dalam me-
   ngomunikasikan hasil–hasil
    tugas

*Sikap menghargai pendapat
   dan karya teman

*Sikap peduli terhadap ling –
   kungan yang ditandai  dengan
    selalu menjaga 9K di kelas /
    sekolah








Pengamatan, Penilaian Diri







Kegiatan inti dan penutup

3.

Kemampuan menyelesaikan
masalah skala


Penugasan / Tes tertulis

Kegiatan inti

4.

Kemampuan menggunakan kon -sep perbandingan untuk menye -lesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
serta menaksir  besaran yang ti -dak diketahui menggunakan gra –fik





Penugasan / Tes tertulis



Kegiatan inti/Awal pertemuan
berikutnya


2. Bentuk dan Instrumen Penilaian serta Pedoman Penskoran:
    (Bahan-bahan terlampir)
B.      Sumber Belajar
1. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013
2. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013
3. Lingkungan
4. Sumber-sumber lain yang relevan
Mengetahui:                                                                                                                  Pegajahan,    Juli 2014
Kepala SMPN-2 Pegajahan                                                                                          Guru Mata Pelajaran,

Aser Tambun, M.Pd.                                                                                                   Drs.Halim Mansyur Siregar
NIP:19580303 197803 1 002                                                                                     NIP:19690804 199702 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar