Selamat Datang di Blog Majalah Dinding Cahaya JIWA - Online

Jumat, 07 November 2014

SELINGAN: RPP_Himpunan



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah     :    SMP Negeri-2 Pegajahan
                                                     Mata Pelajaran     :    Matematika
                                                     Kelas / Semester  :    VII / Satu
                                                     Materi Pokok        :    Himpunan
                                                     Alokasi Waktu       :     17 jam pelajaran = 7 pertemuan  
                                                                                                                                                                                                              
A.      Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.Menghargai dan menghayati 
    ajaran agama yang dianutnya
 1.Menghargai dan menghayati 
    ajaran agama yang dianutnya
® Merasa bersyukur terhadap karunia
   Tuhan atas kesempatan mempela -
   jari matematika dalam kehidupan se 
   hari-hari melalui belajar Bilangan
2.Menghargai dan menghayati pe-
    rilaku jujur, disiplin, tanggungja
    wab, peduli (toleransi, gotong-
    royong), santun, percaya diri da
    lam berinteraksi  secara  efektif
    dengan lingkungan sosial dan a-
    lam dalam jangkauan pergaulan
    dan keberadaannya
   
2.1.Menunjukkan sikap logis, kri-
       tis, analitik, konsisten dan te-
       liti, bertanggungjawab, respon
       sif dan tidak mudah menyerah
       dalam memecahkan masalah


2.2.Memiliki rasa ingin tahu, perca
        ya diri dan  ketertarikan  pada
        matematika serta memiliki ra-
        sa percaya pada daya dan ke-
        gunaan matematika yang ter-
        bentuk  melalui  pengalaman
        belajar

2.3.Memiliki sikap terbuka, santun
         ,Objektif, menghargai penda-
         pat dan karya teman dalam in
         teraksi kelompok maupun ak-
         tifitas sehari-hari
      
®Menunjukkan sikap bertanggungja-
   wab dalam menyelesaikan tugas da-
   ri guru
®Menunjukkan sikap gigih (tidak mu-
   dah menyerah) dalam memecahkan
   masalah yang berkaitan dengan him
  punan
®Menunjukkan sikap ingin tahu yang
  ditandai dengan bertanya kepada sis
  wa lain dan/atau guru
®Menunjukkan sikap percaya diri da-
  lam mengomunikasikan hasil – hasil
  tugas


®Menunjukkan sikap menghargai pen
  dapat dan karya teman
®Menunjukkan sikap peduli terhadap
  lingkungan yang ditandai  dengan se
  lalu menjaga 9K di kelas / sekolah
3.Memahami pengetahuan (faktu-
    al, konseptual  dan  procedural)
    berdasarkan rasa ingin tahunya
    tentang ilmu pengetahuan, tek-
    nologi, seni dan budaya terkait
    fenomena dan kejadian tampak
    mata

 

4.Mencoba, mengolah dan menya-
    ji dalam ranah konkret (menggu-
    nakan, mengurai, merangkai,me
    modifikasi dan membuat) dan ra
    nah abstrak (menulis, membaca,
    menghitung,  menggambar  dan
    mengarang) sesuai dengan yang
    dipelajari di sekolah dan sumber
    lain yang sama dalam sudut pan
    dang / teori
3.2.Menjelaskan pengertian him-
       punan, himpunan bagian,kom-
       plemen himpunan dan operasi
       himpunan serta menunjukkan
       contoh dan bukan contoh




4.1.Menggunakan pola dan genera
       lisasi untuk menyelesaikan ma
       salah
®Memahami konsep himpunan:
   -contoh dan bukan contoh
   -anggota  dan bukan anggota
   -himpunan semesta





®Menyelesaikan  masalah  dengan
   Menggunakan pola dan generalisasi












B.      Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu/kelompok, siswa dapat:
1.Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidup-                                                            
    an sehari-hari melalui belajar himpunan
2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru
3.Menunjukkan sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan
4.Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan/atau guru
5.Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengomunikasikan hasil–hasil tugas
6.Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan karya teman
7.Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan yang ditandai  dengan selalu menjaga 9K di kelas / sekolah
8.Memahami konsep himpunan:
    -contoh dan bukan contoh
    -anggota dan bukan anggota
    -himpunan semesta
9.Memahami cara menyajikan himpunan
   -mendaftarkan anggotanya
   -menyatakan sifat yang dimiliki anggotanya
   -menuliskan notasi pembentuk himpunan
10.Memahami konsep himpunan semesta
11.Memahami Diagram Venn
12.Memahami kardinalitas himpunan
13.Menemukan konsep himpunan kosong
14.Memahami Himpunan Bagian
15.Memahami Himpunan Kuasa
16.Memahami Kesamaan Dua Himpunan
17.Memahami operasi himpunan
   -irisan
   -gabungan
   -komplemen
   -selisih
18.Sifat-sifat operasi himpunan


C.Materi Pembelajaran

Konsep Himpunan
Di dalam kehidupan sehari-hari, kata himpunan ini dipadankan dengan kumpulan, kelompok, grup, gerombolan. Dalam biologi misalnya kita mengenal kelompok flora dan kelompok fauna. Di dalamnya, masih ada lagi kelompok vertebrata, kelompok invertebrata kelompok dikotil, dan monokotil. Dalam kehidupan sehari-hari, kalian juga mengenal suku Jawa, suku Madura, suku Sasak, suku Dayak, suku Batak dan lain-lain. Semua itu merupakan kelompok. Istilah kelompok, kumpulan, kelas, maupun gerombolan dalam matematika dikenal dengan istilah himpunan.

Anggota dan Bukan Anggota Himpunan
Misalnya:
1 adalah anggota himpunan bilangan ganjil
6 bukan anggota bilangan prima



Cara Menyajikan Himpunan
1.Mendata anggota-anggotanya
2.Menyebutkan sifat keanggotaannya
3.Menuliskan notasi pembentuk himpunan

Langkah-Langkah Menggambarkan Diagram Venn
1. Menggambar sebuah persegi panjang untuk menunjukkan semesta dengan mencantumkan huruf S di pojok kiri atas.
2. Menggambar kurva tertutup sederhana yang menggambarkan himpunan.
3. Memberi noktah (titik) berdekatan dengan masing-masing anggota himpunan.

Kardinalitas Himpunan
yaitu bilangan yang menunjukkan banyaknya anggota suatu himpunan

Himpunan Kosong
yaitu himpunan yang tidak mempunyai anggota

Himpunan semesta
yaitu himpunan yang memuat semua anggota sebuah atau beberapa himpunan

Himpunan Bagian
yaitu himpunan yang semua anggotanya juga menjadi anggota suatu himpunan tertentu

Himpunan Kuasa
yaitu himpunan yang memuat semua himpunan bagian dari suatu himpunan tertentu

Irisan,Gabungan dan Komplemen Himpunan
Misalnya:
S= {1,2,3,4,5,6,7,8 }
A= {1,2,3,4,}
B= {3,4,5,6,7,}
Maka: A irisan B = {3,4}
           A gabung B = {1,2,3,4,5,6,7}
           Komplemen dari A gabung B = { 8 }
           Komplemen dari A irisan B = { 1,2,5,6,7,8 }
Sifat-Sifat Operasi Himpunan:

1.Sifat idempotent, yaitu: A A = A; A A = A
2.Sifat identitas, yaitu: A = A; A =
3.Sifat komutatif, yaitu:
4.Sifat asosiatif, yaitu:
5.Sifat distributif, yaitu:


D.Metode Pembelajaran
    Tanya-jawab, penugasan, diskusi kelompok
E.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1 (3 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2.Memaparkan manfaat belajar him –
    punan dalam kehidupan sehari-hari



3.Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

4.Menyiapkan media yang berkaitan
    dengan konsep himpunan dan him-
    punan semesta

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2.Mendengarkan  dan  menanggapi
    paparan tentang manfaat belajar
    himpunan dalam kehidupan seha
    ri-hari

3.Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

4.Memperhatikan/mengamati me-
    dia yang berkaitan dengan kon –
    sep himpunan & himp. semesta

10 menit
Inti
1.Memberikan pengantar tentang him
    punan yang dalam kehidupan seha-
    ri-hari sering dinamakan dengan ke-
    lompok, grup, kumpulan

2.Meminta siswa untuk menemukan
    contoh himpunan dalam kehidup-
    an sehari-hari dan menjelaskan a-
    lasan mengapa contoh yang dia a-
    jukan dinamakan himpunan serta
    mencermati fakta-fakta tersebut


3.Meminta siswa untuk membuat
    pertanyaan  yang mengarah kepada
    konsep himpunan (misalnya berkait
    -an dengan Piala Dunia 2014)

4.Meminta siswa untuk mencermati
    dan menggali informasi terkait ang-
    gota  dan bukan anggota dari suatu
    himpunan serta himpunan semesta
    (termasuk simbolnya)   

5.Memberi kesempatan kepada siswa
    untuk bertanya dan mengemukakan
    pendapat

6.Meminta siswa untuk menalar seca-
    ra mandiri dengan mencermati gam
    -bar 2.1 dan melakukan penilaian
    kognitif terhadap jawaban siswa



1.Mencermati konsep himpunan
    yang dalam kehidupan sehari-hari
    sering dinamakan dengan kelom-
    pok, grup, kumpulan

2.Mengemukakan contoh himpunan
    dalam kehidupan sehari-hari dan
    menjelaskan alasan mengapa di –
    namakan himpunan serta mencer
    mati fakta-fakta tersebut



3. Membuat  pertanyaan  yang meng
    -arah kepada konsep himpunan



4. Mencermati dan menggali informa
    -si terkait anggota  dan bukan ang-
    gota dari suatu himpunan serta
    himpunan semesta (termasuk sim-
     bolnya)   

5.Bertanya dan mengemukakan pen-
    dapat


6. menalar secara mandiri dengan
     mencermati gambar 2.1
5 menit




5 menit







10 menit




15 menit




5 menit




20 menit


Penutup


1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu


3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran





1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)





10 menit











Pertemuan ke-2 (2 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu

Penda-huluan

1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan


3. Menyiapkan media yang berkaitan
    dengan cara penyajian himpunan




1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan


3. Memperhatikan/mengamati me-
    dia yang berkaitan dengan cara
    penyajian himpunan


10 menit
Inti
1.Meminta siswa untuk membaca,
    mengamati dan memahami tiga
    cara menyajikan himpunan

2.Meminta salah seorang siswa untuk
    menjelaskan cara penyajian himpun
    -an kepada teman-temannya

3. Memberi kesempatan kepada siswa
    untuk bertanya dan mengemukakan
    pendapat

4.Meminta siswa untuk menalar secara
    mandiri/diskusi

5. Meminta siswa untuk menyajikan ja-
    waban  menalarnya  di  depan kelas
    dan memberi kesempatan kepada pe
    nyaji untuk menanggapi pertanyaan
    teman-temannya serta menjadi pene
    ngah jika dirasa perlu
1.membaca,mengamati dan mema-
    hami tiga cara menyajikan himpun
    -an

2. Salah seorang siswa menjelaskan
     cara penyajian himpunan kepada
     teman-temannya

3. Bertanya  dan  mengemukakan
     pendapat


4. menalar secara mandiri/diskusi


5. Menyajikan jawaban  menalarnya
     di  depan kelas  dan menanggapi
     pertanyaan teman-temannya
15 menit




10 menit


5 menit



40 menit


30 menit


Penutup


1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2.Memeriksa kesesuaian jawaban me-
    nalar yang dibuat oleh siswa

3. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

4. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran





1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)





10 menit







Pertemuan ke-3 (3 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Menyiapkan media yang berkaitan
    dengan konsep himpunan dan him-
    punan semesta

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Memperhatikan/mengamati me-
    dia yang berkaitan dengan kon –
    sep himpunan & himp. semesta


10 menit
Inti
1.Meminta siswa untuk memahami
    cara menggambar Diagram Venn

2.Memberi kesempatan kepada siswa
    yang sudah mengerti untuk menje-
    laskan kepada teman-temannya

3. Memberi kesempatan kepada siswa
    untuk bertanya dan mengemukakan
    pendapat

4. Meminta siswa untuk menjawab soal
     -soal latihan secara mandiri


1.Mencermati untuk memahami
    cara menggambar Diagram Venn

2. Siswa yang sudah mengerti menje-
    laskan kepada teman-temannya


3.Bertanya dan mengemukakan pen-
    dapat


6. menjawab  soal - soal  latihan
     secara mandiri

15 menit


10 menit



5 menit



30 menit


Penutup


1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu


3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran





1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)





10 menit







Pertemuan ke-4 (2 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu

Penda-huluan

1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan


3. Menyiapkan media yang berkaitan
    dengan cara penyajian himpunan




1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan


3. Memperhatikan/mengamati me-
    dia yang berkaitan dengan cara
    penyajian himpunan


10 menit
Inti
1.Meminta siswa untuk mencermati
    masalah 2.3 dan alternatif peme-
    cahannya dengan memfokuskan
    pengamatan pada anggota himpun-
    an yang sama dari masing-masing
    himpunan



2.Meminta siswa untuk memahami
    perbedaan himpunan hingga dan
    himpunan tak hingga (kardinalitas
    himpunan hanya berlaku untuk
    himpunan hingga, yaitu bilangan
    yang menunjukkan banyaknya ang
    -gota suatu himpunan)
   

3. Meminta siswa untuk menemukan
    konsep himpunan kosong dan mem
    berikan contoh lainnya serta memberikan penguatan tentang per-
bedaan himpunan kosong dengan
himpunan yang anggotanya 0 (menga-
itkan dengan fakta sehari-hari yang se-
ring salah, misalnya menyebut no HP)


4.Memberi kesempatan kepada siswa
    untuk bertanya dan mengemukakan
    pendapat


5.Meminta siswa untuk mengerjakan
    latihan 2.1 secara mandiri dan me-
    lakukan penilaian proses ketika sis-
    bekerja serta membantu seperlunya
    siswa yang mengalami kesulitan



1.Mencermati  untuk  memahami
    masalah 2.3 dan alternatif peme-
    cahannya dengan memfokuskan
    pengamatan pada anggota himpun-
    an yang sama dari masing-masing
    himpunan



2. Mencermati  untuk  memahami
    perbedaan himpunan hingga dan
    himpunan tak hingga (kardinalitas
    himpunan hanya berlaku untuk
    himpunan hingga, yaitu bilangan
    yang menunjukkan banyaknya ang
    -gota suatu himpunan


3. Mencermati  untuk  menemukan
    konsep himpunan kosong dan mem
    berikan contoh lainnya







4.Bertanya  dan  mengemukakan
     pendapat



5. Mengerjakan latihan 2.1 secara
     mandiri
20 menit








20 menit








25 menit









5 menit




30 menit


Penutup


1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an


2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu


3 Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran







1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran



2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)





10 menit







Pertemuan ke-5 (3 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan di –
    capai dalam pertemuan

3. Menyiapkan media yang berkaitan
    dengan konsep himpunan dan him-
    punan semesta

4. Menyiapkan format penilaian

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Memperhatikan/mengamati me-
    dia yang berkaitan dengan kon –
    sep himpunan & himp. semesta



10 menit
Inti
1.Mengajak siswa untuk membaca,
    mencermati dan memahami ma-
    salah 2.2 dan alternatif penyele-
    saiannya (+ siswa diberi kesem –
    patan bertanya)

2. Mengajak siswa untuk membaca,
    mencermati dan memahami ma-
    salah 2.5 dan 2.7 serta alternatif
    penyelesaiannya (+ siswa diberi
    kesempatan bertanya)

3. Mengajak siswa untuk membaca,
    mencermati dan memahami ma-
    salah 2.6 dan 2.9 serta alternatif
    penyelesaiannya (+ siswa diberi
    kesempatan bertanya)

4.Meminta siswa untuk mengerjakan
    soal-soal Latihan 2.2 secara mandiri





1.Membaca, mencermati dan mema-
    hami masalah 2.2 dan alternatif pe
    -nyelesaiannya



2.Membaca, mencermati dan mema-
    hami masalah 2.5 dan 2.7 serta al-
    ternatif penyelesaiannya



3. Membaca, mencermati dan mema-
    hami masalah 2.6 dan 2.9 serta al-
    ternatif penyelesaiannya



4.Mengerjakan soal-soal Latihan 2.2
    secara mandiri





10 menit





10 menit





10 menit





        30 menit


Penutup


1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu


3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran





1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)





10 menit






Pertemuan ke-6 ( 2 JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu

Penda-huluan

1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan


3. Menyiapkan media yang berkaitan
    dengan cara penyajian himpunan




1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan


3. Memperhatikan/mengamati me-
    dia yang berkaitan dengan cara
    penyajian himpunan


10 menit
Inti
1.Meminta siswa untuk membaca,
    mengamati dan memahami ma-
    salah 2.7 serta alternatif penye-
    lesaiannya (+ siswa diberi kesem-
    patan bertanya)
    
2. Meminta siswa untuk membaca,
    mengamati dan memahami ma-
    salah 2.9 serta alternatif penye-
    lesaiannya (+ siswa diberi kesem-
    patan bertanya)

3. Meminta siswa untuk membaca,
    mengamati dan memahami ma-
    salah 2.11 serta alternatif penye-
    lesaiannya (+ siswa diberi kesem-
    patan bertanya)

4. Meminta siswa untuk membaca,
    mengamati dan memahami ma-
    salah 2.12 serta alternatif penye-
    lesaiannya (+ siswa diberi kesem-
    patan bertanya

5.Meminta siswa untuk menalar/
    mengerjakan soal-soal latihan
    secara diskusi kelompok

6. Meminta siswa untuk menyajikan ja-
    waban  menalarnya  di  depan kelas
    dan memberi kesempatan kepada pe
    nyaji untuk menanggapi pertanyaan
    teman-temannya serta menjadi pene
    ngah jika dirasa perlu
1.Membaca,mengamati dan mema-
    hami masalah 2.7 serta alternatif
    penyelesaiannya



2. Membaca,mengamati dan mema-
    hami masalah 2.9 serta alternatif
    penyelesaiannya



3. Membaca,mengamati dan mema-
    hami masalah 2.11 serta alternatif
    penyelesaiannya



4. Membaca,mengamati dan mema-
    hami masalah 2.12 serta alternatif
    penyelesaiannya



5.Menalar/mengerjakan soal-soal
    Latihan secara diskusi kelompok


6. Menyajikan jawaban  menalarnya
     di  depan kelas  dan menanggapi
     pertanyaan teman-temannya
10 menit





10 menit





10 menit





10 menit





30 menit




30 menit


Penutup


1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2.Memeriksa kesesuaian jawaban me-
    nalar yang dibuat oleh siswa

3. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu

4. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran





1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)



10 menit






Pertemuan ke-7 ( 3  JP)
Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Rencana Waktu
Penda-huluan
1.Memberi salam, menanyakan kabar,
    mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
    kan dengan mengecek kehadiran sis-
    wa

2. Menyampaikan tujuan belajar dan ha 
    sil belajar  yang  diharapkan  akan di –
    capai dalam pertemuan

3. Menyiapkan media yang berkaitan
    dengan konsep himpunan dan him-
    punan semesta

4. Menyiapkan format penilaian

1.Menjawab salam dan sapaan guru,
    berdoa serta menginformasikan
    kehadirannya dan  ketidakhadiran
    temannya

2. Menyimak tujuan belajar dan ha –
    sil belajar  yang  diharapkan  akan
    dicapai dalam pertemuan

3. Memperhatikan/mengamati me-
    dia yang berkaitan dengan kon –
    sep himpunan & himp. semesta



10 menit
Inti
1.Mengajak siswa untuk membaca,
    mencermati dan memahami ma-
    salah 2.13 dan alternatif penyele-
    saiannya sehingga siswa dapat me-
    nemukan sifat idempotent (+ siswa
    diberi kesempatan bertanya)

2. Mengajak siswa untuk membaca,
    mencermati dan memahami ma-
    salah 2.14  serta alternatif penye-
    lesaiannya sehingga siswa dapat
    menemukan sifat identitas (+ sis-
    wa diberi kesempatan bertanya)

3. Mengajak siswa untuk mengamati
    dua diagram venn sehingga dapat
    menemukan sifat komutatif, aso-
    siatif dan distributive (+ siswa di –
    beri kesempatan bertanya)


4.Meminta siswa untuk mengerjakan
    soal-soal Latihan  secara mandiri





1.Membaca, mencermati dan mema-
    hami masalah 2.13 dan alternatif
    penyelesaiannya untuk menemu –
    kan sifat idempoten



2.Membaca, mencermati dan mema-
    hami masalah 2.14 serta alternatif 
    penyelesaiannya untuk menemu –
    kan sifat identitas



3. Mengamati dua diagram venn
    sehingga dapat menemukan sifat
    komutatif, asosiatif dan distributif




4.Mengerjakan soal-soal Latihan
    secara mandiri





10 menit






10 menit






10 menit






        30 menit


Penutup


1.Mengajak siswa untuk melakukan re-
    fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
    an

2. Memberikan soal tambahan untuk
    PR jika perlu


3. Meminta siswa untuk memberikan
    usulan perbaikan pembelajaran





1.Melakukan refleksi terhadap ke-
    giatan pembelajaran


2. Mencatat/menandai soal  untuk
     PR yang diberikan oleh guru


3. Memberikan usulan untuk per-
     baikan pembelajaran (jika ada)





10 menit







 F.Penilaian
1. Teknik Penilaian:
No.
Aspek yang diamati / dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap bersyukur
Penilaian Diri
Selama kegiatan pembelajaran

2.

*Sikap bertanggungjawab da-
   lam menyelesaikan tugas dari
    guru

*Sikap gigih (tidak mudah me-
   nyerah) dalam memecahkan
   masalah yang berkaitan de –
   ngan bilangan


*Sikap ingin tahu yang ditandai
   dengan bertanya kepada siswa
   lain dan/atau guru

*Sikap percaya diri dalam me-
   ngomunikasikan hasil–hasil
    tugas

*Sikap menghargai pendapat
   dan karya teman


*Sikap peduli terhadap ling –
   kungan yang ditandai  dengan
    selalu menjaga 9K di kelas /
    sekolah









Pengamatan, Penilaian Diri








Kegiatan inti dan penutup

3.

Kemampuan memahami sifat-
sifat operasi himpunan


Penugasan / Tes tertulis

Kegiatan inti

4.

Kemampuan menyelesaikan ma-
salah  dengan menggunakan po- la dan generalisasi


Penugasan / Tes tertulis


Kegiatan inti/Awal pertemuan
berikutnya

2. Bentuk dan Instrumen Penilaian serta Pedoman Penskoran:
    (Bahan-bahan terlampir)

G.Sumber Belajar
1. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013
2. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013
3. Lingkungan
4. Sumber-sumber lain yang relevan



Mengetahui:                                                                                                                  Pegajahan,    Juli 2014
Kepala SMPN-2 Pegajahan                                                                                          Guru Mata Pelajaran,

Aser Tambun, M.Pd.                                                                                                   Drs.Halim Mansyur Siregar
NIP:19580303 197803 1 002                                                                                     NIP:19690804 199702 1 004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar