RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMP Negeri-2 Pegajahan
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : VII / Satu
Materi Pokok :
Garis dan Sudut
Alokasi Waktu : 8
jam pelajaran = 3 pertemuan
A.
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Inti (KI)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.Menghargai dan
menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
® Merasa bersyukur terhadap karunia
Tuhan atas kesempatan
mempela -
jari matematika dalam
kehidupan se
hari-hari melalui belajar Bilangan
|
2.Menghargai dan menghayati pe-
rilaku jujur, disiplin,
tanggungja
wab, peduli (toleransi,
gotong-
royong), santun, percaya
diri da
lam berinteraksi secara
efektif
dengan lingkungan sosial
dan a-
lam dalam jangkauan
pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1.Menunjukkan sikap logis, kri-
tis, analitik, konsisten
dan te-
liti, bertanggungjawab,
respon
sif dan tidak mudah
menyerah
dalam memecahkan masalah
2.2.Memiliki rasa ingin tahu, perca
ya diri dan ketertarikan pada
matematika serta
memiliki ra-
sa percaya pada daya
dan ke-
gunaan matematika yang
ter-
bentuk melalui
pengalaman
belajar
2.3.Memiliki sikap terbuka, santun
,objektif, menghargai
penda-
pat dan karya teman
dalam in
teraksi kelompok
maupun ak-
tifitas sehari-hari
|
®Menunjukkan
sikap bertanggungja-
wab dalam menyelesaikan tugas da-
ri guru
®Menunjukkan
sikap gigih (tidak mu-
dah menyerah) dalam memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bi-
langan
®Menunjukkan
sikap ingin tahu yang
ditandai dengan bertanya kepada sis
wa lain dan/atau guru
®Menunjukkan
sikap percaya diri da-
lam mengomunikasikan hasil – hasil
tugas
®Menunjukkan
sikap menghargai pen
dapat dan karya teman
®Menunjukkan
sikap peduli terhadap
lingkungan yang
ditandai dengan se
lalu menjaga 9K di kelas / sekolah
|
3.Memahami pengetahuan (faktu-
al, konseptual dan
procedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya
tentang ilmu pengetahuan,
tek-
nologi, seni dan budaya
terkait
fenomena dan kejadian
tampak
mata
4.Mencoba, mengolah dan
menya-
ji dalam ranah konkret (menggu-
nakan, mengurai, merangkai,me
modifikasi dan membuat) dan ra
nah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar
dan
mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pan
dang / teori
|
-Memahami berbagai konsep dan
prinsip garis dan sudut dalam
pe-
mecahan masalah nyata
-Menerapkan
berbagai konsep dan
sifat-sifat
terkait garis dan sudut
dalam pembuktian matematis ser
-ta pemecahan masalah nyata
|
®Menemukan konsep, posisi dan ke-
dudukan titik dan garis
®Menerapkan konsep, posisi dan ke-
dudukan titik dan garis dalam peme-
cahan masalah
|
B.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan
mengomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu/kelompok,
siswa dapat:
1.Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas
kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidup-
an sehari-hari melalui belajar bilangan
2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru
3.Menunjukkan
sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang
berkaitan dengan bilangan
4.Menunjukkan
sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa
lain dan/atau guru
5.Menunjukkan
sikap percaya diri dalam mengomunikasikan hasil–hasil tugas
6.Menunjukkan
sikap menghargai pendapat dan karya teman
7.Menunjukkan
sikap peduli terhadap lingkungan yang ditandai dengan selalu menjaga 9K di kelas / sekolah
8.Menemukan
konsep, posisi dan kedudukan titik dan garis
9.Menerapkan
konsep, posisi dan kedudukan titik dan garis dalam pemecahan masalah
10.Menemukan
konsep sudut
11.Memberikan
penamaan terhadap sudut
12.Menentukan besar
sudut
13.Menentukan
jenis sudut
14.Menentukan
besar sudut yang saling berpenyiku, berpelurus dan bertolak belakang
15.Menentukan
hubungan dan besar sudut pada dua garis sejajar
C.
Materi Pembelajaran
Kedudukan titik
- titik pada
garis
- titik di luar
garis
- titik pada
bidang
- titik di luar
bidang
- titik-titik
segaris
- titik-titik
sebidang
Kedudukan dua garis
~ berpotongan
~ sejajar
~ berimpit
Konsep Sudut
~
Sudut terbentuk dari dua sinar garis yang bertemu pada titik pangkalnya.
~
Besar sudut satu putaran penuh = 3600
Jenis-Jenis Sudut
1. Sudut Siku-Siku: ukuran
sudutnya 900
2. Sudut Lancip: ukuran sudutnya
antara 00 dan 900
3. Sudut Tumpul: ukuran sudutnya
antara 900 dan 1800
4. Sudut Lurus: ukuran sudutnya
1800
5.
Sudut Reflek: ukuran sudutnya antara 1800 dan 3600
Hubungan Antar Sudut
1.
Sudut Berpenyiku
Dua sudut dikatakan berpenyiku, jika jumlah
besar kedua sudut tepat 900
2.
Sudut Berpelurus
Dua sudut dikatakan berpelurus,
jika jumlah besar kedua sudut tepat 1800
Hubungan sudut-sudut pada dua
garis sejajar
1.sehadap, besarnya sama
2.dalam berseberangan, besarnya sama
3.luar berseberangan, besarnya sama
4.dalam sepihak, besarnya berjumlah 1800
5.luar sepihak, besarnya berjumlah 1800
D.
Metode Pembelajaran
Tanya-jawab,
penugasan individu/kelompok, diskusi kelompok dan presentasi
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke-1 (3 JP)
Tahapan
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Rencana
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.Memberi salam, menanyakan
kabar,
mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
kan dengan mengecek kehadiran sis-
wa
2.Menyampaikan tujuan
belajar dan ha
sil belajar yang
diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan
3.Mempersiapkan media
pembelajaran
|
1.Menjawab salam dan sapaan
guru,
berdoa serta menginformasikan
kehadirannya dan ketidakhadiran
temannya
2.Menyimak tujuan belajar
dan ha –
sil belajar yang
diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan
3.Mencermati media
pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
1.Memberikan gambaran awal
tentang
konsep, posisi dan
kedudukan titik
dan garis (+ siswa diberi kesempatan
mengajukan pertanyaan)
2. Memberi kesempatan
kepada siswa
untuk menyebutkan contoh-contoh
lain
dalam kehidupan sehari – hari
yang ada hubungannya dengan kon-
sep titik dan garis (minimal 3)
3.Meminta siswa untuk
menjawab per-
tanyaan-pertanyaan yang disediakan
pada kegiatan ‘Ayo Kita Menalar’
4. Meminta siswa untuk
mempresen –
tasikan jawabannya di
depan kelas
dan memberi kesempatan kepada pe
nyaji untuk menanggapi pertanyaan
teman-temannya serta menjadi pene
ngah jika dirasa perlu
|
1. Menyimak dan mencermati
gam-
gambaran awal tentang konsep,
posisi
dan kedudukan titik dan
garis (+ mengajukan pertanyaan)
2. Menyebutkan
contoh-contoh
lain
dalam kehidupan sehari –
hari yang ada hubungannya de-
ngan konsep titik dan garis
3.Menjawab
pertanyaan-pertanyaan
yang
disediakan pada kegiatan
‘Ayo Kita Menalar’
4. Mempresentasikan
jawabannya
di
depan kelas dan menanggapi
pertanyaan teman-temannya
|
30
menit
10
menit
30
menit
30
menit
|
Penutup
|
1.Mengajak siswa untuk
melakukan re-
fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
an
2.Memeriksa kesesuaian
jawaban me-
nalar yang dibuat oleh siswa
3.Memberikan soal tambahan
untuk
PR jika perlu
4.Meminta siswa untuk
memberikan
usulan perbaikan pembelajaran
|
1.Melakukan refleksi
terhadap ke-
giatan pembelajaran
2. Mencatat/menandai
soal untuk
PR yang diberikan oleh guru
3. Memberikan usulan untuk
per-
baikan pembelajaran (jika ada)
|
10
menit
|
Pertemuan ke-2 (2 JP)
Tahapan
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Rencana
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.Memberi salam, menanyakan
kabar,
mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
kan dengan mengecek kehadiran sis-
wa
2.Menyampaikan tujuan
belajar dan ha
sil belajar yang
diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan
3.Mempersiapkan media
pembelajaran
(model jam dinding atau jam asli)
|
1.Menjawab salam dan sapaan
guru,
berdoa serta menginformasikan
kehadirannya dan ketidakhadiran
temannya
2.Menyimak tujuan belajar
dan ha –
sil belajar yang
diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan
3.Mencermati media
pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
1. Mengajak siswa untuk
mengingat
kembali cara menuliskan/membe-
ri penamaan terhadap sudut
2. Mengajak siswa untuk
memahami
konsep menentukan besar sudut
yang dibentuk oleh jarum jam
3.Memberi kesempatan kepada
siswa
untuk bertanya
4.Memeriksa apakah semua
siswa te-
lah mencatat hal-hal penting dalam
pembelajaran
5.Meminta siswa untuk
mengerjakan
soal-soal latihan secara mandiri
|
1. Mengingat kembali cara
menulis-
kan/memberi penamaan terhadap
sudut
2. Menyimak dan mencermati
konsep menentukan besar sudut
yang dibentuk oleh jarum jam
3.Mengajukan/membuat
pertanyaan
4.Memperlihatkan catatannya
tentang hal-hal penting dalam
pembelajaran
5. Mengerjakan soal-soal
latihan
secara mandiri
|
5
menit
15
menit
5
menit
5
menit
30
menit
|
Penutup
|
1.Mengajak siswa untuk
melakukan re-
fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
an
2.Memeriksa kesesuaian
jawaban yang
dibuat oleh siswa
3.Memberikan soal tambahan
untuk
PR jika perlu
4.Meminta siswa untuk
memberikan
usulan perbaikan pembelajaran
|
1.Melakukan refleksi
terhadap ke-
giatan pembelajaran
2. Mencatat/menandai soal untuk
PR yang diberikan oleh guru
3. Memberikan usulan untuk
per-
baikan pembelajaran (jika ada)
|
10
menit
|
Pertemuan ke-3 (3 JP)
Tahapan
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Rencana
Waktu
|
Penda-huluan
|
1.Memberi salam, menanyakan
kabar,
mengajak siswa berdoa dan dilanjut-
kan dengan mengecek kehadiran sis-
wa
2.Menyampaikan tujuan
belajar dan ha
sil belajar yang
diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan
3.Mempersiapkan media
pembelajaran
/rubrik penilaian
|
1.Menjawab salam dan sapaan
guru,
berdoa serta menginformasikan
kehadirannya dan ketidakhadiran
temannya
2.Menyimak tujuan belajar
dan ha –
sil belajar yang
diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan
3.Mencermati media
pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
1.Memberikan gambaran awal
tentang
sudut saling berpenyiku, berpelurus
dan bertolak belakang dengan meng-
ajak siswa untuk mencermati gam –
bar 4.22
2.Mengajak siswa untuk
membahas
cara menentukan besar sudut yang
saling berpenyiku, berpelurus dan
bertolak belakang
3. Memberikan gambaran awal
ten-
tang hubungan dan besar sudut-
sudut pada dua garis sejajar
4. Mengajak siswa untuk
membahas
cara menentukan besar sudut-su-
dut pada dua garis sejajar
5.Memberi kesempatan kepada
siswa
untuk bertanya sambil memeriksa
apakah mereka telah mencatat hal-
hal penting dalam pembelajaran
6. Meminta siswa untuk
mengerjakan
soal-soal latihan secara mandiri
|
1. Menyimak dan mencermati sudut-
sudut saling berpenyiku, berpelu –
rus
dan bertolak belakang pada
gambar 4.22
2.Berpartisipasi aktif
dalam memba-
has cara menentukan besar sudut
yang saling berpenyiku,berpelurus
dan bertolak belakang
3. Menyimak dan mencermati
hubungan dan besar sudut-
sudut pada dua garis sejajar
4. Berpartisipasi aktif
membahas
cara menentukan besar sudut-su-
dut pada dua garis sejajar
5.Membuat/mengajukan
pertanyaan
dan
memperlihatkan catatannnya
tentang
hal-hal penting dalam
pembelajaran
6.Mengerjakan soal-soal
latihan
secara mandiri
|
10
menit
20
menit
10
menit
20
menit
10
menit
30 menit
|
Penutup
|
1.Mengajak siswa untuk
melakukan re-
fleksi terhadap kegiatan pembelajar-
an
2.Memeriksa kesesuaian
jawaban
yang dibuat oleh siswa
3.Memberikan soal tambahan
untuk
PR jika perlu
4.Meminta siswa untuk
memberikan
usulan perbaikan pembelajaran
|
1.Melakukan refleksi
terhadap ke-
giatan pembelajaran
2. Mencatat/menandai
soal untuk
PR yang diberikan oleh guru
3. Memberikan usulan untuk
per-
baikan pembelajaran (jika ada)
|
10
menit
|
A.
Penilaian
1. Teknik Penilaian:
No.
|
Aspek yang diamati / dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap bersyukur
|
Penilaian Diri
|
Selama kegiatan pembelajaran
|
2.
|
*Sikap
bertanggungjawab da-
lam menyelesaikan tugas dari
guru
*Sikap
gigih
(tidak mudah me-
nyerah) dalam memecahkan
masalah yang berkaitan de –
ngan bilangan
*Sikap
ingin
tahu yang ditandai
dengan bertanya kepada siswa
lain dan/atau guru
*Sikap
percaya
diri dalam me-
ngomunikasikan hasil–hasil
tugas
*Sikap
menghargai
pendapat
dan karya teman
*Sikap
peduli terhadap ling –
kungan yang ditandai dengan
selalu menjaga 9K di kelas /
sekolah
|
Pengamatan, Penilaian Diri
|
Kegiatan inti dan
penutup
|
3.
|
Kemampuan menentukan besar
sudut
yang saling berpenyiku,
berpelurus
dan bertolak bela- kang
|
Penugasan / Tes
tertulis
|
Kegiatan inti
|
4.
|
Kemampuan menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait
garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah
nyata
|
Penugasan / Tes tertulis
|
Kegiatan inti/Awal pertemuan
berikutnya
|
2. Bentuk dan Instrumen Penilaian
serta Pedoman Penskoran:
(Bahan-bahan terlampir)
B.
Sumber Belajar
1. Buku Siswa
Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013
2. Buku Guru
Mata Pelajaran Matematika Jilid VII, Kemdikbud, 2013
3. Lingkungan
4. Sumber-sumber
lain yang relevan
Mengetahui:
Pegajahan, Juli 2014
Kepala SMPN-2 Pegajahan Guru
Mata Pelajaran,
Aser Tambun, M.Pd.
Drs.Halim Mansyur Siregar
NIP:19580303 197803 1 002
NIP:19690804 199702 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar